Tutorial Instal LineageOS 14.1 Nougat di Redmi Note 4X (Mido)

Xiaomi Redmi Note 4X merupakan Smartphone dengan begitu banyak pilihan custom rom, salah satu adalah LineageOS.

Apa itu LineageOS ?

LineageOS merupakan custom rom android yang berbasisi android murni atau AOSP. Custom rom ini dibuat oleh sekelompok developer yang sebelum nya mengerjakan rom legendaris bernama CyanogenMod. Namun sekarang rom tersebut sudah tiada.

Pada saat pertama kali menginstal LineageOS kamu juga harus menginstal GOOGLE App karena tidak tersedia secara default.

LineageOS terkenal dengan custom rom nya yang ringan dan tampilan fresh khas android murni. Dan banyak digunakan sebagai basis dari berbagai macam rom android lainnya.

Yang lebih menggembirakan LineageOS ini sudah tersedia secara Official untuk Redmi Note 4X. Dengan tersedianya rom dalam bentuk Official. Hal ini berarti rom tersebut di Build langsung oleh Developernya yang mana dapat di pastikan akan semakin kecil kemungkinan terdapat Bug.

Pada artikel kali ini saya akan membagikan cara mengisntal LineageOS pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X.

Xiaomi Redmi Note 4X merupakan Smartphone kelas menengah dari Xiaomi yang bisa dikatakan cukup sukses di pasar Indonesia dengan daya pikat dari sisi baterainya yang tahan lama.

Hal ini tak lepas dari prosesor yang digunakan yakni Snapdragon 625 dan di bantu dengan baterai berkapasitas 4100maH.

Berikut spesifikasi singkat Xiaomi Redmi Note 4X

CPU: Qualcomm® Snapdragon™ 625
RAM: 3/4GB
ROM: 32/64GB
Battery: 4100mAh
Display: 5.5 inch, 1920×1080 pixel (401ppi)
CPU Arch: ARM64

Sebelum lanjut ke tahap instalasi LineageOS di Redmi Note 4X, ada baiknya kamu simak dulu persyaratan yang di perlukan di bawah ini.

1. Redmi Note 4X kamu sudah dalam kondisi Unlock Bootloader (UBL).
2. Sudah terpasang custom recovery TWRP.
3. Backup semua data penting yang ada di Smartphone kamu. Bisa saja saat mengikuti tutorial ini bisa menyebabkan kehilangan data.
4. Isi baterai Redmi Note 4X hingga di atas 50%.

Note. Semua kerusakan yang di akibatkan mengikuti tutorial ini seperti bootloop, Sd Card rusak, mati total, dan lain sebagai nya semua menjadi tanggung jawab kamu masing-masing.

Jika kamu sudah paham dengan hal di atas silahkan lanjut ke langkah-langkah instalasi LineageOS di Redmi Note 4X berikut ini.

Langkah instal LineageOS Redmi Note 4X

Langkah 1 – Download LineageOS untuk Redmi Note 4X. silahkan kamu pilih yang terbaru yang posisi nya paling atas.
Tutorial Instal LineageOS 14.1 Nougat di Redmi Note 4X (Mido)
Langkah 2 – Download OpenGapps untuk Redmi Note 4X. silahkan kamu pilih Arm64 – Android 7.1 – Pico. Lebih jelasnya silahkan kamu lihat gambar di bawah ini.
Tutorial Instal LineageOS 14.1 Nougat di Redmi Note 4X (Mido)
Langkah 3 – Download Firmware Nougat (Firmware ini diperlukan jika versi android yang sedang kamu gunakan sekarang masih 6.0 Marshmallow) karena LineageOS ini android nya Nougat maka kamu perlu menginstal Firmware Nougat terlebih dahulu.

Langkah 4 – Download supersu.zip (Pilih yang untuk TWRP) buat yang ingin melakukan Rooting. Lalu kamu pindahkan LineageOS, Opengapps, Firmware Nougat dan supersu.zip yang sudah kamu download tadi ke internal memory Redmi Note 4X.

Langkah 5 – Masuk ke TWRP dengan cara menekan tombol tombol power + volume up. Lalu lakukan backup terlebih dahulu pada rom yang sedang kamu gunakan.

Langkah 6 – Setelah selesai men backup rom, silahkan lakukan Full wipe dengan cara pilih Wipe / Advanced Wipe / lalu cek lis (#Dalvik / ART Cache, #System, #Data, #Cache) jika sudah pilih “Swipe to Wipe” dengan cara menggesernya. Lihat gambar jika kurang paham.
Tutorial Instal LineageOS 14.1 Nougat di Redmi Note 4X (Mido)
Langkah 7 – Jika sudah melakukan Full Wipe, silahkan kamu cari dan instal Firmware Nougat Mido terlebih dahulu. jika sudah langsung saja kamu instal “LineageOS” dengan cara yang sama.

Langkah 8 – Setelah selesai proses instal LineageOS, silahkan anda instal “Opengapps” nya dengan cara yang sama juga seperti saat kamu menginstal LineageOS tadi. Lalu jangan lupa juga untuk menginstal supersu.zip untuk kamu yang ingin melakukan Rooting.

Langkah 9 – Jika proses instalasi sudah selesai, silahkan kamu pilih “Reboot System”
Dan selesai, tunggu proses reboot, memang agak lama, jadi sabar saja.

Note. Pada saat artikel ini di buat, versi android tertinggi dari LineageOS untuk Redmi Note 4X adalah 7.1.2 (Nougat) jika nanti versi android nya sudah berubah maka kamu juga perlu memilih Gapps yang sesuai dengan versi android yang kamu gunakan.

Baca juga > Tutorial Instal MoKee Rom (Nougat) Di Redmi Note 4X (Mido)

Demikianlah tutorial cara instal LineageOS 14.1 Nougat di Redmi Note 4X (Mido) jika masih ada hal yang kurang kamu mengerti silahkan kamu tanyakan melalui kolom komentar. Selamat mencoba, semoga berhasil dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here