Cara Downgrade OPPO F1s Dari Marsmallow Ke Lolipop

OPPO F1s merupakan smartphone dari OPPO yang cukup laku di pasaran karena sector kamera nya yang begitu mumpuni untuk para penggila selfie.

Tetapi disini saya tidak akan membahas cara selfie dengan OPPO F1s, tetapi saya disini akan membagikan sesuatu yang lebih bermanfaat untuk anda semua, yaitu tentang cara downgrade OPPO F1s dari Marshmallow ke Lolipop.

Beberapa saat yang lalu saya baru saja selesai men downgrade OPPO F1s milik teman saya yang sudah terlanjur di update ke Marshmallow, teman saya merasa kurang nyaman setelah meng update OPPO F1s nya ke Marshmallow, dan berikut ini keluhan teman saya setelah meng update ke F1s nya ke android Marshmallow.

  • Koneksi internet putus nyambung
  • Tombol kembali susah respon
  • Dan masih banyak lagi bug-bug kecil lainnya

Meskipun hanya dua poin saja, saya rasa poin tersebut tentu sangat menganggu apalagi jika sudah menyangkut sinyal, karena jika tidak ada sinyal maka semua akan terasa bermasalah, karena seperti yang kita tau jaman sekarang hampir semua nya memerlukan sinyal internet.

Dan disini saya akan membagikan pengalaman saya sekaligus tutorial buat anda yang mungkin sedang mencari hal tersebut yaitu tutorial downgrade OPPO F1s Dari Marshmallow ke Lolipop.

Bagi kamu yang ingin mengikuti tutorial downgrade OPPO F1s dari Marshmallow ke Lolipop sebaik nya kamu ada baik nya kamu baca dan pahami terlebih dahulu beberapa syarat dan ketentuan yang ada di bawah ini supaya tidak terjadi hal yang tidak di inginkan dan juga demi kelancaran proses Update nanti nya.

  • Saya tidak bertanggung jawab atas apa yang akan terjadi pada Smartphone kalian akibat mengikuti tutorial ini, segala resiko menjadi tanggung jawab kamu masing-masing.
  • Tutorial ini kemungkinan bisa saja menghapus semua data yang ada di internal memori kalian. Jadi sebaiknya kalian lakukan backup terlebih dahulu.
  • Meng Update versi android dengan cara ini  tidak akan menyebabkan garansi Smartphone kamu hilang atau tidak bisa di klaim.
  • Tidak perlu melakukan unlock bootloader (UBL).
  • Di anjurkan untuk mengisi daya / charge OPPO F1s kamu hingga di atas 70%.
  • Siapkan juga Laptop/PC dan juga kabel data original atau bisa juga menggunakan kabel data dengan kualitas baik (bukan abal-abal).

Baiklah untuk sebelum melanjutkan ke tahap tutorial nya silahkan anda download terlebih dahulu file-file yang saya sediakan dibawah ini.

Bahan Downgrade OPPO F1s Dari Marsmallow Ke Lolipop

  • USB driver -> Link
  • Rom OPPO F1s – Lolipop (5.1) -> Link
  • DownloadTool – 1612.8 -> Link
  • PC/Laptop

Setelah semua bahan sudah anda download, silahkan anda lanjutkan ke tahap downgrade nya.

Langkah Downgrade OPPO F1s Dari Marsmallow Ke Lolipop

Langkah 1 – Download semua terlebih dahulu semua bahan yang di perlukan di atas.

Langkah 2 – Backup data, karena tutorial ini akan menyebabkan data yang ada di internal memory anda akan hilang.

Langkah 3 – Instal USB driver sesuai versi Bit Windows anda (bisa 32 atau 64).

Langkah 4 – Extract Rom OPPO F1s.

Langkah 5 – Extract DownloadTool – 1612.8 ke dalam folder yang sama dengan Rom OPPO F1s (hal ini supaya tidak perlu lagi untuk mencari file scatter nantinya).

Langkah 6 – Jalankan aplikasi DownloadTool – 1612.8 dengan cara klik kanan lalu pilih “run as administrator” maka otomatis akan terbaca file scatter.

Langkah 7 – Jika file scatter nya sudah terbaca semua, silahkan anda klik “start all” lihat kolom merah yang saya tanda, yang ada di pojok kanan bawah, tunggu hingga file terbaca semua, sekitar 5 menit.

Cara Downgrade OPPO F1s Dari Marsmallow Ke Lolipop

Langkah 8 – Setelah file terbaca semua, silahkan anda matikan OPPO F1s anda, setelah mati, hubungkan F1s ke PC sambil menekan tombol “volume up” tahan tombol tersebut hingga garis merah menjadi biru di tampilan DownloadTool.

Langkah 9 – Dan proses instalasi downgrade akan berjalan, tunggu proses nya paling lama sekitar 15 menit.

Langkah 10 – Jika sukses maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

Cara Downgrade OPPO F1s Dari Marsmallow Ke Lolipop

Jika sudah muncul tampilan akhir nya seperti gambar di atas, artinya kamu sudah berhasil melakukan downgrade OPPO F1s ke android Lollipop, saran saya jangan terburu-buru dalam melakukan update os android, apalagi jika berbeda versi android nya berbeda, ada baiknya kamu tunggu review terlebih dahulu dari yang sudah menggunakannya.

Baca juga > Mengaktifkan Fitur High Frame Rate Mobile Legends Dengan Gltools

Demikianlah tutorial downgrade OPPO F1s dari Marshmallow ke Lolipop, jika ada yang kurang di pahami silahkan bertanya di kolom komentar, terimakasih sudah berkunjung, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here